Home / Berita / Journativist

Sabtu, 17 Desember 2022 - 17:00 WIB

Peringatan Hari Lahirnya L. L. Zamenhof

Klab Esperanto Memperingati Hari Zamenhof. (Foto: Dokumentasi Journativist)  

(17/12/2022) JT- Dalam memperingati Hari Zamenhof Klab Esperanto Ruga Formiko berkolaborasi dengan Asosiasi Esperanto Indonesia (IEA) menyelenggarakan Hari Zamenhof 2022 di Galeri Museum Konperensi Asia-Afrika (KAA) pada sabtu (17/12/2022). SMKAA dan Asosiasi Esperanto Indonesia (IEA) sebagai klab pencetus bahasa Esperanto menjalin silaturahmi sembari memotong kue yang dimana menjadi tradisi untuk memperingati hari kelahiran.

Zamenhof- bialostik. Jerman, Polandia, dan Yahudi mereka itu Etnosentris dan merasa bahasanya itu yang paling mudah. Zamenhof merasa susah berkomunikasi karena saat di rumah dan di sekolah merasa bingugn harus memakai bahasa apa. Bahasa Esperanto menjadi bahasa persatuan karena dianggap bahasa termudah : Bahasa Esperanto adalah bahasa buatan dengan tujuan agar bisa diterima semua orang. Bahasa Esperanto mudah dan netral. 

“Pada tanggal 15 Desember adalah hari Zamenhof jadi biasanya komunitas-komunitas Esperanto yang mengadakan pertemuan untuk sharing, bercerita, dll. Nah saya ingin berbagi aja, seru-seruan aja tapi bareng teman yang lain juga. Acara ini dihadiri sekitar 15 orang, 2 orang diantaranya dari umum dan sisanya berasal dari SMKAA,” ucap Adam selaku koordinator Esperanto.

SMKAA bersama Asosiasi Esperanto Indonesia (IEA) juga memberikan pengenalan sejarah bahasa Esperanto di Indonesia dan pengenalan buku tentang Esperanto karya Eggi Hus dan juga buku – buku menarik lainnya. Rangkaian kegiatan ini diisi dengan talkshow, presentasi, dan juga games untuk melatih fokus para undangan.

baca juga  Suasana Interview Calon Koordinator Eksekutif dan Pengurus Administrator SMKAA 2022/2023

“Senang sekali karena bisa kembali berkunjung ke Museum Konferensi Asia-Afrika dan bertemu dengan teman-teman di Klab Esperanto Ruga Formiko karena sebelum pandemi pernah kemari. Hari ini bersama dengan teman-teman SMKAA juga beserta dari luar juga hadir, jadi ini kesempatan yang baik kami bisa merayakan Hari Zamenhof bersama teman-teman di sini,” papar Ilia Dewi selaku Presiden AEI.

Ini merupakan kolaborasi atau kerjasama pertama kali setelah pandemi yang dilakukan oleh Klab Esperanto Ruga Farmiko dengan AEI. “Di tahun-tahun sebelum pandemi juga pernah ada kolaborasi tapi saya belum bergabung di sini, kalau untuk kunjungan AEI pasti pernah kesini,” tambah Adam.

Koordinator Esperanto berharap dapat mengenalkan Esperanto ke orang umum atau SMKAA lainnya dan mengulik sedikit tentang sejarah Esperanto agar mengetahui setidaknya sedikit mengenai sejarah kami.

Disebutkan bahwa ini adalah pertama kali untuk melakukan kegiatan Esperanto khususnya untuk perayaan hari Zamenhof secara langsung. Acara ini dilakukan di Klab Ruga Farmiko karena banyak anggota yang bergabung jadi sebagaimana mendukung Klab Esperanto juga untuk membangun komunikasi agar semakin aktif.

baca juga  Memperingati 66 Tahun Konferensi Asia Afrika, Museum Konperensi Asia Afrika Hadirkan Logo Bertema Humanity & Solidarity

 “Jadi kalau ada apa-apa atau apa yang teman-teman butuhkan disini, kami dari Asosiasi Esperanto Indonesia (IEA) siap membantu,” pungkas Presiden AEI.

Kesan dan pesan dari Ilia Dewi selaku Presiden AEI atas terselenggaranya acara ini adalah bahagia bisa bergabung bersama sama merayakan hari Zamenhof dan belajar nyanyi juga nobar film Esperanto, sementara pesan yang beliau tuturkan Esperanto adalah semoga teman-teman yang hadir juga dapat manfaat dan jikalau berminat atau ingin belajar Esperanto boleh bergabung dengan AEI, Asosiasi dengan senang hati menyambut.

“Tidak menyangka bahwa ternyata ada beberapa orang yang tertarik datang ke acara ini, karena sebelumnya beliau takut tidak ada yang tertarik. Semoga di kemudian hari bisa diselenggarakan lagi dan mungkin bisa cari tema yang berkaitan dengan SMKAA agar bisa menciptakan rasa solid,” tutup Adam.

Reporter          : JT/Wina Septiani & Zaki Fauzi

Penulis            : Julia Tiur Sibarani

Editor              : Cahnia Cendi

Share :

Baca Juga

Berita

Bandung Historical Study Games 2021: A Virtual Tour Museum Challenge

Berita

Soft Launching Video Dokumenter 4 Dekade Museum KAA, Buku Braille dan Buku Bicara The Bandung Connection Pada Peringatan 66 Tahun KAA Sekaligus Milangkala ke-41 Tahun MKAA

Berita

Open Recruitment Anggota Baru SMKAA 2022

Berita

Acara Penutupan Peringatan 67 Tahun KAA: Revitilisasi Semangat Pasca Pandemi

Berita

Museum Konperensi Asia-Afrika Lakukan Upacara Sambut 77 tahun Kemerdekaan Indonesia di Situs Penjara Banceuy

Berita

Media Engagement 2022 MKAA Angkat Tema ‘Pulih Bersama Bangkit Perkasa’

Berita

Perdana Pasca Pandemi, Peringatan 67 Tahun KAA Mengusung Tema Recover Together, Recover Stronger

Berita

Pelestarian Semangat Nilai-Nilai Perjuangan pada Fellowship 2021