Usung Tema Ignite Youth Passion, Mukadimah SMKAA 2023 Berlangsung Dengan Sukses

JT – Sahabat Museum Konperensi Asia Afrika atau yang kerap disapa dengan sebutan SMKAA, kembali menggelar perhelatan akbar yaitu Mukadimah SMKAA 2023, pada hari Minggu, 20 Agustus 2023, di Aula Utama Gedung Merdeka. Mukadimah pada tahun ini mengusung tema “Ignite Youth Passion” yang mengharapkan semangat energi pada generasi muda. Mukadimah SMKAA merupakan kegiatan tahunan dalam rangka penyambutan untuk para anggota yang baru bergabung bersama SMKAA.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh ketua pelaksana, Dea Septiani, kemudian dilanjutkan oleh Ketua Koordinator, Firman Kaban. Firman menyebut bahwa, “Jika sudah bergabung menjadi bagian dari SMKAA, kita memiliki beberapa peran baru yaitu; mempromosikan nilai-nilai KAA, Dasa Sila Bandung, hingga semangat Bandung.” Dirinya pun berharap bahwa anggota yang baru bergabung dapat memanfaatkan kesempatan yang tidak semua orang bisa dapatkan.

Pada kegiatan ini, terdapat pengenalan Kepala Museum KAA yang baru, Novia Sari, yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara Mukadimah SMKAA 2023. Beliau menyatakan bahwa dengan bergabung bersama SMKAA, anggota baru dapat belajar berorganisasi, mengembangkan diri, bakat dan serta hal positif yang membangun lainnya. Beliau juga menyampaikan beberapa penghargaan yang dianugerahkan kepada Museum KAA, salah satunya ialah Penghargaan satu-satunya Museum yang di bawah binaan Kementerian Luar Negeri. Setelah sambutan dari semua pihak selesai, terdapat acara pengukuhan anggota baru SMKAA 2023, yang menandakan bahwa anggota baru telah resmi menjadi bagian dari SMKAA.

baca juga  International Students Gathering : Public Diplomacy and The Youth

Terdapat cuplikan penayangan dokumenter mengenai Sejarah Konferensi Asia Afrika dan Museum Konferensi Asia Afrika yang berdurasi kurang lebih 15 menit. Kemudian, dilanjut dengan pematerian mengenai Museum Konperensi Asia Afrika oleh Ginanjar atau yang akrab disapa Kang Gin. Pada sesi pematerian, Kang Gin menekankan bahwa terdapat tiga hal yang harus dipahami diantaranya Bandung Spirit, Bandung Era, dan Bandung

Conspiration. Dirinya juga mengatakan bahwa saat kita memahami Konferens Asia Afrika, itu berarti kita memahami Dasar Negara Republik Indonesia.

SMKAA pun tidak tanggung-tanggung untuk meresmikan majalah Mahardhika volume I dibulan Agustus 2023, disaat kegiatan Mukadimah 2023 berlangsung. Setelah peresmian majalah, dilanjutkan oleh penampilan klab Guriang yang membawakan 2 lagu yang berjudul We Are The Champions dan Part of Your World, kemudian sesi satu diakhiri dengan istirahat.

baca juga  Milangkala SMKAA ke-12 Usung Tema “The Bandung Spirit Lives on Young Generation”

Kegiatan berlanjut dengan pengenalan profil dari administrator SMKAA dan juga 12 klab lainnya. Penjelasan mengenai administrator dan juga klab-klab tersebut disampaikan melalui video dan juga secara verbal oleh perwakilan dari masing-masing klab. Pada saat perkenalan koordinator eksekutif (administrator), Firman mengingatkan bahwa terdapat surat keaktifan anggota SMKAA, namun dirinya menekankan bahwa surat tersebut dapat keluar apabila memang anggota-anggota tersebut aktif berkegiatan di SMKAA.

Sebelum acara berakhir, terdapat games yang dilakukan secara berkelompok yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari Arumba Awi, yang sangat memeriahkan akhir acara dari Mukadimah SMKAA 2023. Mukadimah SMKAA 2023 selanjutnya diakhiri dengan sesi foto bersama.

Reporter/JT : Annisa Listiana & Gina Alya 

Editor/JT : Cahnia Cendi

Share :

Baca Juga

Berita

Peringati 68 Tahun KAA, 109 Bendera Negara KTT Asia Afrika dan Bendera PBB Dikibarkan di Kompleks Gedung Merdeka

Global Literasi

Konferensi Asia-Afrika dan Diplomasi Kebudayaan Indonesia

Berita

‘Museum untuk Semua’, MKAA Terbitkan The Bandung Connection dalam Bentuk Braille

Berita

Pembukaan BLAA ‘Bulan Literasi Asia Afrika’ 2021

Young Announcer

SMKAA Hadir di Podcast!!!

Berita

PEMILIHAN UMUM RAYA 2022: “Orkestrasi Harmoni untuk Masa Depan SMKAA”

Berita

Gelar Seminar Nasional di Gedung Merdeka, MKAA Tegaskan Dukung Pelestarian  Terhadap Aset Diplomasi

Berita

Asian African Conference Museum and Naoko Shimazu’s