KLAB MAGHRIBI

Klab Maghribi adalah sebuah klab yang memiliki kegiatan-kegiatan menyenangkan dalam membahas kebudayaan-kebudayaan Afrika Utara serta daerah-daerah yang telah di jajah oleh Prancis dan yang lainya. Klab ini memiliki materi yang beragam, selain dapat mengenal budaya negara Afrika Utara, anggota klab juga diberikan ilmu tentang berbahasa Prancis dengan tujuan dapat memahami setiap artikel atau tulisan tentang budaya dengan baik, khususnya budaya yang berbahasa Prancis

Klab Maghribi juga merupakan salah satu klab budaya dan Bahasa di bawah naungan Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika (SMKAA). Setiap minggunya khususnya pada hari minggu, rutin diadakan kelas pembekalan yang dimulai dari pukul 11.30 hingga 13.30, anggota Klab Maghribi melakukan kegiatan kelas pembekalan terutama dalam hal belajar berbahasa Prancis dan mengenal sejarah serta budaya negara-negara di Afrika Utara. Dalam proses pembelajarannya, tentu saja dilakukan secara bergilir misalnya di minggu pertama belajar Bahasa Prancis, kemudian di minggu keduanya belajar mengenai sejarah Konferensi Asia Afrika, dan di minggu ketiganya mengenal budaya-budaya Afrika Utara. 

Anggota Klab Maghribi tahun 2018-2019

Pada tahun 2019, Klab Maghribi mengadakan suatu kegiatan yaitu Mini Fellowship Klab Maghribi yang mana bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan negara-negara di Afrika Utara serta Prancis, rangkaian kegiatan yang dilakukan seperti pemutaran film dalam berbahasa Prancis, mengenalkan makanan khas daerah Afrika Utara, sesi tanya jawab, dan lain sebagainya. Adapun kegiatan ini dihadiri oleh berbagai klab yang ada di Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika (SMKAA). Sebelum adanya pandemi, Klab Maghribi pernah mengadakan kegiatan bersama organisasi maupun mahasiswa yang berasal dari daerah Afrika Utara dengan tujuan untuk mempererat tali pertemanan dan bertukar informasi seperti halnya dalam sejarahnya.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Klab Maghribi tidak hanya semata-mata untuk kesenangan saja tapi menjadikan hal tersebut sebagai wadah untuk kita mempelajari sejarah, negara, budaya maupun bahasa yang temanya berkaitan dengan terjadinya dan keikutsertaannya pada Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Mini Fellowship Klab Maghribi 2019
Mini Fellowship Klab Maghribi 2019

Ig: instagram.com/smkaa.maghribi/