Home / Berita / Journativist

Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:00 WIB

Museum Konperensi Asia-Afrika Lakukan Upacara Sambut 77 tahun Kemerdekaan Indonesia di Situs Penjara Banceuy

Foto bersama ( Kepala dan Staf Museum Konperensi Asia Afrika ). Foto: Dokumentasi Journativist.(Rabu 17/08)

pin up

JT –  Rabu, 17 Agustus 2022 masyarakat tanah air memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun. Museum Konperensi Asia-Afrika mengadakan upacara penghormatan bendera merah putih di Situs Banceuy, Kota Bandung dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” sebagai bentuk semangat baru untuk masyarakat Indonesia.

Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Museum Konperensi Asia-Afrika yaitu  Dahlia Kusuma Dewi dan juga diikuti oleh para staf dan pegawai di Museum Konperensi Asia-Afrika.  Selain itu, turut hadir pewakilan dari Sahabat Museum Konperensi Asia-Afrika sebanyak 15 orang dengan menggunakan pakaian adat daerah di Indonesia.

 Dahlia mengatakan, tema yang diusung tahun ini karena sebagai semangat baru masyarakat Indonesia dari terpuruknya masa COVID 19 selama beberapa tahun kebelakang yang membuat hampir seluruh aktivitas dilakukan secara terbatas.

baca juga  Tadarus Buku “The Bandung Connection” Bersama Anggota Baru SMKAA


“Semoga kita pun mampu membawa semangat ini untuk pulih lebih cepat dan lebih kuat dari keterpurukan pasca covid-19 ini dengan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat bangsa Indonesia republik Indonesia.” Ujar Dahlia ketika diwawancarai Rabu (17/08).

Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi memakai baju adat Bali. Foto: Dokumentasi Journativist. Rabu (17/08)

Menurutnya, semua elemen masyarakat Indonesia perlu bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan di tengah keterpurukan serta tidak hanya mencerminkan kinerja pemerintah dalam melayani publik, namun juga bagaimana upaya dalam menanamkan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa sebagai upaya  untuk dijalani dengan sebaik mungkin dengan rasa penuh tanggung jawab sebagai peringatan semangat 77 tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini supaya dapat menginspirasi ribuan pemuda.

baca juga  Harmusindo 2022 Ditutup Sukses Oleh Talkshow Pemuda: Zaman Now

Dengan adanya upacara setiap tahunnya, diharapkan masyarakat dapat menerapkan sikap patriotisme dan nasionalisme sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air serta diharapkan dapat berkontribusi di dunia luar dan dapat menginspirasi orang lain agar bersama -sama membuat Indonesia bangkit kembali dari keterpurukan.

Foto 1 Suasana peringatan 17 Agustus di ex Penjara Banceuy/Foto: Journativist ( Rabu 17/08)

Situs Banceuy merupakan tempat sekaligus saksi sejarah dimana  Presiden pertama Indonesia  Sukarno di penjara selama delapan bulan atas tuduhan pemberontakan dan dijerat pasal-pasal karet. Pada saat itu, Sukarno menjabat sebagai Ketua PNI (Partai Nasional Indonesia). Situs Banceuy menjadi tempat yang dipilih untuk melakukan upacara penghormatan bendera merah putih karena tempat tersebut sebagai saksi dimana Sukarno melahirkan pleidoi “Indonesia menggugat”.

Upacara dimulai dari pembukaan, pembacaan teks proklamasi, penghormatan kepada bendera merah putih serta menyanyikan lagu Indonesia raya, mengheningkan cipta, pembacaan pembukaan Undang-undang Dasar 1945 hingga upacara selesai dan dilakukan dengan khidmat.

Reporter       : JT/ Nadya, Indri

Dokumentasi: Gina Zulfa

Editor           :Muhamad Iqbal

Share :

Baca Juga

Berita

Bakti Sosial Donor Darah bersama Museum Konperensi Asia Afrika

Berita

Soft Launching Video Dokumenter 4 Dekade Museum KAA, Buku Braille dan Buku Bicara The Bandung Connection Pada Peringatan 66 Tahun KAA Sekaligus Milangkala ke-41 Tahun MKAA

Berita

PEMILIHAN UMUM RAYA 2022: “Orkestrasi Harmoni untuk Masa Depan SMKAA”

Berita

SMKAA Hadirkan Talkshow Bertema ‘Plan Your Future’

Berita

Asian African Conference Museum and Naoko Shimazu’s

Berita

Suasana Interview Calon Koordinator Eksekutif dan Pengurus Administrator SMKAA 2022/2023

Berita

Diskusi “Protection of Indonesian Citizen Abroad: The Other Side of Indonesian Diplomacy” Bersama Sekdilu Angkatan 41 Kementrian Luar Negeri RI

Berita

Perwakilan Klab Edukator SMKAA dalam Pelatihan Pemanduan Disbudpar Kota Bandung