Home / Berita / Journativist

Rabu, 6 Juli 2022 - 07:45 WIB

Open Recruitment Anggota Baru SMKAA 2022

Foto Bersama anggota baru Sahabat Museum Konperensi Asia Afrika dalam acara Mukadimah 2021. Foto: SMKAA.

pin up casino

Di pertengahan tahun 2022 ini, Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika (SMKAA) kembali membuka kesempatan bagi teman-teman semua untuk bergabung menjadi anggota komunitas pada masa kepengurusan tahun 2023-2024. Proses rekrutmen dimulai dengan pengisian formulir pendaftaran yang akan dibuka sampai tanggal 13 Juli nanti. Untuk selebihnya, mari simak beberapa informasi di bawah ini, ya!

Dokumentasi SMKAA

Mengenal SMKAA

SMKAA merupakan salah satu komunitas yang berada di bawah naungan Museum Konferensi Asia Afrika (MKAA) di Kota Bandung, Jawa Barat. Komunitas ini diresmikan pada Februari 2011 untuk memfasilitasi kreativitas dan karya generasi muda supaya dapat menjadi bagian yang menghidupkan suasana museum yang asik untuk dikunjungi. Tidak hanya membahas seputar sejarah, SMKAA juga terdiri atas berbagai macam klab atau sub komunitas dengan minat, fokus bidang, dan kegiatan yang berbeda-beda.

Dokumentasi SMKAA

Temukan Minat Sahabat di Klab SMKAA

Sahabat tidak perlu khawatir karena SMKAA memiliki dua belas klab yang berbeda sehingga kalian bisa dengan leluasa mendaftarkan diri ke klab yang paling sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Klab-klab tersebut diantaranya: Journativist, Magribi, Nihao, Young Announcer, Global Literacy, Guriang, Heiwa, SahabIT, Abada, Cinemaker, Edukator, dan Esperanto. Tahun 2022 ini cukup spesial, salah satunya karena telah dibuka klab baru yaitu Sahabat IT yang berfokus mempelajari bidang teknologi digital. Lebih lengkapnya, dua belas klab yang bisa sahabat pilih yakni diantaranya:

  1. Klab Maghribi, mempelajari seputar sejarah dan kebudayaan negara-negara di Afrika Utara, serta mempelajari bahasa Prancis. (Ig: instagram.com/smkaa.maghribi/ )
  2. Klab Journativist, mempelajari seputar ilmu jurnalistik hingga meliput berbagai kegiatan di SMKAA. (Ig: instagram.com/journativist/ )
  3. Klab Nihao, mempelajari seputar budaya dan bahasa Tiongkok. (Ig: instagram.com/nihao.smkaa/ )
  4. Klab Heiwa, membahas seputar kebudayaan, bahasa, dan sastra Jepang. (Ig: instagram.com/heiwa.smkaa/ )
  5. Klab Guriang, mempelajari alat musik tradisional khas Sunda yaitu Angklung. (Ig: instagram.com/klabguriang.smkaa/ )
  6. Klab Abada, mempelajari seputar kajian bahasa, budaya, serta hubungan internasional bagi negara Asia Barat Daya. (Ig: instagram.com/abadasmkaa/ )
  7. Klab Cinemaker, mempelajari pembuatan film dan fotografi. (Ig: instagram.com/cinemaker.smkaa/ )
  8. Klab Global Literacy, mempelajari seputar dunia literasi mulai dari membaca hingga berdiskusi. (Ig: instagram.com/globlitsmkaa/ )
  9. Klab Esperanto, mempelajari bahasa Esperanto yang membawa misi perdamaian dan kesetaraan dalam berbahasa. (Ig: instagram.com/esperanto.smkaa/ )
  10. Klab Edukator, melibatkan dirinya aktif dalam mengedukasi publik mengenai nilai-nilai Semangat Bandung. (Ig: instagram.com/klabedukator.smkaa/ )
  11. Klab Young Announcer, mempelajari bidang  public speaking dan penyiaran. (Ig: instagram.com/young_announcer/ )
  12. Klab Sahabat IT, sarana pengembangan diri untuk para penggiat teknologi digital. 
Foto Bersama perwakilan 11 klab Sahabat Museum Konperensi Asia Afrika setelah selesai berkegiatan Bersama Kepala Museum KAA, Ibu Dahlia Kusuma Dewi. Foto: SMKAA.

Selain mengikuti klab-klab di atas, Sahabat juga bisa turut berpartisipasi dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang ada di SMKAA dan MKAA. Tidak hanya berguna untuk menambah pengalaman dan meningkatkan kreativitas, kegiatan-kegiatan SMKAA juga membantu Sahabat untuk menjalin relasi baru, menambah pengetahuan, dan meningkatkan kesadaran sejarah  terutama yang berkaitan dengan sejarah MKAA juga Kota Bandung.

Dokumentasi SMKAA

Sejalan dengan masuknya permintaan para Sahabat, open recruitment SMKAA diperpanjang hingga tanggal 13 Juli yang sudah dibuka sejak 19 Juni 2022 lalu. Perlu diingat, terdapat tahapan seleksi yang wajib dilewati calon anggota. Mulai dari seleksi berkas atau dokumen (tahap 1), pengumuman kelolosan (tahap 2), interview (tahap 3), dan pengumuman kelolosan atau penerimaan peserta (tahap 4). Informasi penerimaan akan diumumkan di website SMKAA pada 23 Juli 2022.

Flyer Perpanjangan Open Recruitment Sahabat Museum Konperensi Asia Afrika tahun 2022.

Anggota baru yang telah dinyatakan lolos seleksi tahap akhir nantinya wajib membayar biaya administrasi sebesar Rp80.000,00 (delapan puluh ribu rupiah) juga akan mendapatkan fasilitas menarik berupa subsidi kegiatan klab, id card keanggotaan, dan notebook

baca juga  SI KUNING
Dokumentasi SMKAA

Jika Sahabat sudah menjadi bagian dari salah satu klab SMKAA dan ingin bergabung serta belajar di klab lainnya, maka Sahabat bisa mengikuti pembukaan kelas baru di tahun selanjutnya tanpa melewati seleksi keanggotaan dan biaya administrasi.

Dokumentasi SMKAA

Sahabat bisa langsung mendaftarkan diri di bit.ly/OPRECSMKAA2022. Kalian juga bisa mengenal SMKAA dan masing-masing klab lebih dalam dengan mengunjungi instagram SMKAA, podcast SMKAA, instagram klab, dan artikel-artikel website ini ya!

Dokumentasi SMKAA

Kami sangat menanti Sahabat menjadi anggota baru SMKAA 2022. Untuk pertanyaan spesifik dan informasi mengenai open recruitment lebih lanjut, Sahabat dapat menghubungi beberapa narahubung berikut: +62 895-4119-57132 (Firman), +62 857-2196-2579 (Raina), +62 812-9411-6063 (Nisrina). 

baca juga  SMKAA Hadirkan Talkshow Bertema 'Plan Your Future'

Penulis: Farly Mochamad, Safira AR (Journativist)

Editor : Nabila Eva

Share :

Baca Juga

Berita

Bedah Buku: Tadarus The Bandung Connection

Berita

Pasca 2 Tahun Pandemi, Museum Konperensi Asia-Afrika: Kembali Gelar “Jelajah Malam di Museum Dengan Tema Sutan Sjahrir Arsitek Diplomasi Perjuangan “

Berita

Penyelenggaraan Asian African Friendship Day: International Students Gathering 2022

Berita

Fellowship SMKAA 2023 Usung Tema Utilizing Potential in Diversity

Berita

Konser Sahabat MKAA, Peluncuran Komik dan Maskot Baru MKAA

Berita

Museum Konperensi Asia-Afrika Lakukan Upacara Sambut 77 tahun Kemerdekaan Indonesia di Situs Penjara Banceuy

Berita

Peringatan Hari Lahirnya L. L. Zamenhof

Berita

PEMILIHAN UMUM RAYA 2022: “Orkestrasi Harmoni untuk Masa Depan SMKAA”