Home / Berita / Journativist

Minggu, 10 Desember 2023 - 21:13 WIB

Inspiring Talkshow Menggali Makna Diplomasi Bersama Kepala Museum Konperensi Asia-Afrika

MKAA, gelar acara talkshow diplomasi Wanaraguna bersama Kepala Museum Konperensi Asia-Afrika

MKAA, gelar acara talkshow diplomasi Wanaraguna bersama Kepala Museum Konperensi Asia-Afrika

JT- SMKAA (Sahabat Museum Konperensi Asia Afrika) menyelenggarakan Talkshow Diplomasi Wanaraguna dengan mengusung tema “Eccentric Diplomacy for Innovative Youth”, acara tersebut diselenggarakan di Galeri Museum Konperensi Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/23).

Untuk diketahui, talkshow yang mengangkat tema “Eccentric Diplomacy for Innovative Youth” ini bertujuan menggambarkan pentingnya adaptasi diplomasi terhadap perubahan dinamika internasional dan mendorong pemuda untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam konteks diplomasi. “ Talkshow ini memiliki makna dengan kita mengambil dari bahasa sanskerta yaitu “WANARAGUNA” menggabungkan “WANARA” (monyet) dengan “AGUNA” (bermanfaat).

Filosofi ini menekankan pembelajaran dari kecerdikan orang lain, eksplorasi solusi cerdas, terus memperbaiki diri, dan bertumbuh menuju kebahagiaan.

baca juga  Selamat, Untuk Kamu yang Lolos Open Recruitment Batch 2 Tahap 1!

“Kegiatan ini bertujuan memotivasi generasi muda untuk eksplorasi positif, memperbaiki diri, dan berkontribusi pada kesejahteraan bersama, mewujudkan Generasi Emas 2045”, ujar Zidan Ali, Koordinator Acara.

Talkshow Diplomasi Wanaraguna sendiri menghadirkan pembicara yang berpengalaman di bidangnya yakni Kepala Museum Konperensi Asia Afrika, Noviasari Rustam.

Pembicara tersebut membagikan pengalaman nyata mengenai gambaran dan tantangan seorang diplomat.

“Seorang diplomat itu harus adaptif”, ujar Noviasari Rustam. Tak hanya itu, ia juga membuka kesempatan bagi para peserta untuk interaktif dalam sesi kali ini. Para peserta dengan aktif turut membagikan pemahaman mereka soal tantangan diplomasi pada masa ini.

Selain itu, pembicara juga menggambarkan bahwa pentingnya peran aktif anak muda untuk memahami diplomasi dan persoalan internasional.

baca juga  Wisata Kuliner Nusantara Orang Eropa di Masa Kolonial

“Peran kita bukan hanya sebagai identitas nasional. Kita juga memiliki identitas sebagai bagian dari penduduk global”, ucap Noviasari Rustam.

Peserta yang hadir pun tampak memberikan kesan yang baik dengan topik yang dibahas. “Saya senang sekali bisa hadir pada kesempatan kali ini, topik pada talkshow kali ini sangat menarik dengan pembahasannya tentang diplomasi. Yang dimana hal itu sangat jarang ditemukan. Semoga untuk kedepannya SMKAA dapat lebih sering lagi membuat acara talkshow diplomasi”, ujar salah satu peserta.

Penyelenggaraan Talkshow Diplomasi Wanaraguna diharapkan dapat menjadi kesempatan yang lebih luas dan lebih baik untuk kedepannya.

Reporter: JT/ Alifa  Nuza

Editor    : JT/Muhamad Iqbal Al Hilal

Share :

Baca Juga

Berita

Perdana Pasca Pandemi, Peringatan 67 Tahun KAA Mengusung Tema Recover Together, Recover Stronger

Berita

Gastronomi Diplomasi dalam Jamuan Teh Petang Bersama Saksi Sejarah Kembali dihelat Dalam Rangka Peringatan 69 Tahun Konferensi Asia-Afrika

Abada

Usung Tema Ignite Youth Passion, Mukadimah SMKAA 2023 Berlangsung Dengan Sukses

Berita

Journativist Kembali Pilih Pikiran Rakyat Sebagai Tempat Visit Media 2024

Berita

Acara Penutupan Peringatan 67 Tahun KAA: Revitilisasi Semangat Pasca Pandemi

Berita

Milangkala SMKAA Ke-11 “Eka Dasa SMKAA: Dahulu, Kini dan Nanti”

Berita

Pasca 2 Tahun Pandemi, Museum Konperensi Asia-Afrika: Kembali Gelar “Jelajah Malam di Museum Dengan Tema Sutan Sjahrir Arsitek Diplomasi Perjuangan “

Berita

Milangkala ke-13 Tahun, Jadi Ajang Pisah Sambut Kepengurusan Sahabat Museum Konperensi Asia-Afrika