Home / Berita / Journativist

Jumat, 5 Februari 2021 - 20:00 WIB

Memperingati 66 Tahun Konferensi Asia Afrika, Museum Konperensi Asia Afrika Hadirkan Logo Bertema Humanity & Solidarity

JT – Museum Konperensi Asia Afrika mengadakan pertemuan virtual melalui Instagram dan Zoom Meeting yang dihadiri dari berbagai Media Pers seperti Pers Mahasiswa maupun Pers yang ada di kota Bandung. Pada hari Jumat (5/02/2021) pertemuan tersebut membahas peringatan HUT 66 tahun Konferensi Asia-Afrika sekaligus membuka soft launching logo bertema Humanity and Solidarity.

Dahlia Kusuma Dewi, Kepala Museum Konperensi Asia-Afrika turut memberikan pemaparan mengenai tema dan makna logo yang sudah dirancang untuk memperingati HUT 66 tahun Konferensi Asia Afrika. Tentu saja tema kali ini sangat relevan pada Dasasila Bandung karena terdapat gambar dua tangan saling mengeratkan satu sama lainnya yang mengandung nilai kemanusiaan untuk mengangkat derajat manusia serta menumbuhkan rasa kemanusiaan dan juga nilai solidaritas dalam menghadapi pandemi untuk berjuang bersama-sama memutuskan rantai virus dengan mengajak seluruh masyarakat agar memberantas permasalah di masa pandemi.

Makna logo 66 HUT Konferensi Asia Afrika merupakan angka kembar dengan makna setara dan sederajat mengandung arti bahwa masyarakat yang sama dan saling bekerja sama. Terdapat juga perpaduan warna dalam logo diantara merah melambangkan Asia, Hijau melambangkan Afrika dan Putih melambangkan tanpa batas dunia.

baca juga  Mengenal Bandung Bersama BHSG 2019

Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan pada HUT 66 Konperensi Asia Afrika pada masa pandemi ini akan dilakukan secara daring atau online dan tentunya akses yang diberikan akan lebih luas lagi suapaya melibatkan banyak peserta dari berbagai wilayah di Indonesia maupun secara internasional.

Adapun kegiatan HUT 66 KAA yang akan diselenggarakan yaitu:

  1. Pengibaran bendera peserta KAA sebanyak 109 negara dan satu bendera PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang akan melibatkan internal Museum Konperensi Asia Afrika.
  2. Messege Of The Word yaitu kegiatan penggalangan pesan-pesan kemanusiaan dan kesolidaritas khususnya untuk generasi muda di seluruh dunia.
  3. Menerbitkan buku tentang Sejarah Konferensi Asia-Afrika yaitu The Bandung Connection Karya Dr. Roeslan Abdulgani dalam bentuk braily dan audio book untuk penyandang disabilitas.
  4. Meluncurkan film dokumenter mengenai 4 dekade perjalanan Museum Konperensi Asia Afrika dalam melestarikan nilai-nilai Konferensi Asia-Afrika dan sebagai bentuk publikasi kepada masyarakat tentang apa saja yang sudah dilakukan Museum Konperensi Asia Afrika.
  5. Bandung History Study Games, kegiatan sama seperti pada tahun sebelumnya, hanya saja tahun ini dilakukan secara daring.
  6. Lomba Story telling untuk anak-anak dengan tema ‘Indonesiaku Pahlawan Dunia’
  7. Membagikan 1000 masker, merupakan kegiatan kemanusian untuk menandakan keperdulian Museum Konperensi Asia Afrika kepada masyarakat Bandung.
  8. Kegiatan webinar mengenai kemanusiaan dan solidaritas internasional untuk kesehatan dunia dengan harapan menyadarkan kembali komitmen bersama, tidak hanya di Indonesia namun seluruh negara di dunia untuk kembali bersama-sama bejuang dan bekerja sama untuk kesehatan global khususnya masa melawan pandemi covid-19.
baca juga  Open Recruitment Anggota Baru SMKAA 2021

Semua rangkaian kegiatan HUT 66 KAA tersebut akan dijelaskan lebih lanjut melalui akun Instagram @asiafrikamuseum. Tentu saja harapan Museum Konperensi Asia Afrika dalam peringatan HUT 66 KAA ini untuk kembali mendobrak semangat dari nilai-nilai Konferensi Asia-Afrika. (JT/Dhila, Zaky)

Share :

Baca Juga

Berita

Bedah Buku: Tadarus The Bandung Connection

Berita

300 Peserta Hadir dalam Technical Meeting Bandung Historical Study Games 2021

Berita

Tadarus Buku “The Bandung Connection” Bersama Anggota Baru SMKAA

Berita

Mukadimah SMKAA 2021: Nationalism in The Soul SMKAA

Berita

Bandung Historical Study Games 2021: A Virtual Tour Museum Challenge

Berita

Upacara Penurunan Bendera KAA dan Bendera PBB

Berita

Night at the Museum: H. Agus Salim dan Diplomasi Perjuangan

Berita

Jelajah Malam Museum KAA: Kisah Bendera