Home / Berita

Sabtu, 27 April 2024 - 09:10 WIB

Menuju Peringatan 70 tahun Konferensi Asia Afrika dalam Diskusi Upaya Pelestarian Semangat Bandung

Pembukaan diskusi kelompok terpumpun menuju 70 tahun KAA oleh Ani Nigeriawati perwakilan dari Kementerian Luar Negeri di hotel Savoy Homann pada 24 April 2024. /Foto: Museum Konperensi Asia-Afrika.

Pembukaan diskusi kelompok terpumpun menuju 70 tahun KAA oleh Ani Nigeriawati perwakilan dari Kementerian Luar Negeri di hotel Savoy Homann pada 24 April 2024. /Foto: Museum Konperensi Asia-Afrika.

JT- Museum Konperensi Asia Afrika dan Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan diskusi kelompok terpumpun (forum discussion) yang mengangkat tema Menuju 70 Tahun KAA:  Retrospeksi dan Langkah Lanjut Upaya Pelestarian Semangat Bandung pada Rabu, 24 April 2024 di Hotel Savoy Homann. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan ke-69 tahun Konferensi Asia-Afrika.

Diskusi kelompok terhimpun dihadiri oleh perwakilan Kementerian Luar Negeri, Deputi Arsip Nasional Republik Indonesia, Pakar Pendidikan dan Sejarah, Tokoh Budaya serta para mahasiswa penerima beasiswa dari negara Asia-Afrika.

Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Ani Nigeriawati dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa diskusi ini diharap dapat menguatkan kerja sama dan perdamaian dunia dan mengingatkan untuk menggaungkan Bandung Spirit adalah tanggung jawab kita semua.

baca juga  Relevansi Nilai-Nilai Dasasila Bandung Sebagai Solusi Bagi Permasalahan di Tengah Konflik Kawasan Dunia

Diskusi dimulai oleh Dosen Ilmu Sejarah UGM sekaligus moderator Wildan Sena Utama yang memaparkan hasil penelitian sejarahnya dan menyebutkan bahwa Kota Bandung mendorong dekolonisasi dunia, penjelasan kearsipan kegiatan KAA disimpan dengan baik oleh Deputi Arsip Nasional Republik Indonesia, dilanjutkan pemaparan dampak setelah terjadinya konferensi dilaksanakan oleh para tokoh yang hadir dari sisi budaya dan geopolitik, dan ditutup dengan sesi tanya jawab seputar kontribusi mahasiswa asing, peranan Kota Bandung, serta keterlibatan masyarakat umum untuk menyukseskan peringatan ke-70 tahun KAA.

baca juga  Konser Sahabat MKAA, Peluncuran Komik dan Maskot Baru MKAA

Pada kesempatan terakhir, Irwan sebagai salah satu founder dari Bandung Heritage mengharapkan Bandung kembali menjadi pusat kegiatan Konferensi Asia-Afrika, mengingat Bandung adalah ibukota Asia-Afrika dengan meningkatkan sarana dan prasarana selagi masih ada waktu menuju peringatan ke-70 tahun KAA.

Reporter: JT/Alika Mariam Salsabila & Tasya Nabila Ramadhanty

Editor : JT/ Muhamad Iqbal Alhilal

Share :

Baca Juga

Berita

Menentukan Masa Depan SMKAA Lewat Pemira 2024

Berita

Menjembatani Keakraban Melalui Fellowship SMKAA 2024

Berita

Arti dan Makna Penting Dasasila Bandung Hasil Komunike Akhir KAA 1955

Berita

Bandung Historical Study Games 2022: Think Globally, Act Locally

Berita

Mukadimah SMKAA 2021: Nationalism in The Soul SMKAA

Berita

Bakti Sosial Donor Darah bersama Museum Konperensi Asia Afrika

Berita

Media Engagement 2022 MKAA Angkat Tema ‘Pulih Bersama Bangkit Perkasa’

Berita

Upacara Penurunan 109 Bendera Negara-Negara Peserta KTT Asia Afrika danBendera PBB Berlangsung Secara Hikmat