Home / Berita / Journativist

Rabu, 28 April 2021 - 21:15 WIB

‘Museum untuk Semua’ MKAA Terbitkan The Bandung Connection dalam Bentuk Braille

JT – ‘Museum untuk Semua’ menjadi slogan dalam peringatan HUT 66 tahun Konferensi Asia Afrika sekaligus Milangkala MKAA ke-41. Peringatan yang dilaksanakan pada Rabu, 28 April 2021 di Gedung Merdeka Bandung menjadi sebuah momentum pertama bagi Museum KAA dalam menerbitkan satu buku sejarah yaitu The Bandung Connection dalam bentuk buku Braille dan Buku Suara (Audiobook).

The Bandung Connection merupakan buku yang ditulis oleh pelaku sejarah KAA, Roeslan Abdulgani, yang berisikan tentang perjalanan Roeslan selama KAA pada tahun 1955 berlangsung. Selain itu, buku tersebut juga menjelaskan proses lahirnya Dasasila Bandung sebagai prinsip dalam usaha memajukan perdamaian dan kerjasama dunia.

baca juga  Mukadimah SMKAA 2021: Nationalism in The Soul SMKAA

Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi dalam sambutannya mempertegas komitmen MKAA sebagai  museum yang terbuka bagi semua kalangan untuk belajar dan berkarya, tidak terkecuali masyarakat disabilitas. Dengan tema yang dibawa yaitu Humanity and Solidarity, MKAA memastikan bahwa semua orang setara untuk mendapatkan akses dan edukasi di museum.

“Museum untuk semua merupakan wujud dari semangat kemanusian dimana kita semua adalah setara dan memiliki hak yang sama dalam setiap ruang kehidupan yang kita jalani, dan wujud dari solidaritas dimana kita saling bahu membahu maju Bersama tanpa membedakan satu dengan yang lainnya.” Ungkapannya.

baca juga  Pengumuman Tahap 1 Seleksi Anggota Baru SMKAA

Dalam launching pertamanya, Museum KAA menyumbangkan buku tersebut kepada BLBI (Balai Literasi Braille Indonesia) Abiyoso dan Yayasan Mata Hati Indonesia supaya teman-teman disabilitas bisa mempelajari sejarah KAA dengan mudah. Buku ini juga sebagai lambang bahwa Museum KAA memfasilitasi semua orang untuk mengenal lebih dalam mengenai sejarah perjalanan KAA.

Selain buku The Bandung Connection, Museum KAA juga meluncurkan sebuah video dokumenter mengenai Empat Dekade Perjalanan Museum KAA bertajuk Museum untuk Semua yang bisa diakses di kanal youtube Museum KAA (https://www.youtube.com/watch?v=6weOeJv29k0). (JT/Zaky)

Share :

Baca Juga

Berita

Bakti Sosial Donor Darah bersama Museum Konperensi Asia Afrika

Berita

International Students Gathering : Public Diplomacy and The Youth

Berita

300 Peserta Hadir dalam Technical Meeting Bandung Historical Study Games 2021

Berita

Jelajah Malam Museum KAA: Kisah Bendera

Berita

Upacara Penurunan Bendera KAA dan Bendera PBB

Berita

Night at the Museum: H. Agus Salim dan Diplomasi Perjuangan

Berita

Perwakilan Klab Edukator SMKAA dalam Pelatihan Pemanduan Disbudpar Kota Bandung

Berita

Diskusi “Protection of Indonesian Citizen Abroad: The Other Side of Indonesian Diplomacy” Bersama Sekdilu Angkatan 41 Kementrian Luar Negeri RI